Peneliti Amerika Berhasil Memproduksi Headphone Pembersih Telinga Pertama di Dunia, Warganet; Auto Mual

- Minggu, 12 Maret 2023 | 20:54 WIB
Headphones pembersih telinga (Instagram @faktanyagoogle)
Headphones pembersih telinga (Instagram @faktanyagoogle)

OURINDONESIA.COM - Startup medis yang berbasis di Seattle SafKan Health telah mengembangkan headphone yang berfungsi ganda sebagai pembersih telinga. Alat unik ini bernama OtoSet, yang membersihkan liang telinga hanya dalam waktu 35 detik.

Sistem ini dibangun menjadi perangkat yang dapat dikenakan yang terlihat seperti sepasang headphone tipis dan menggunakan sistem aliran dan teknologi mikro-suction untuk menghilangkan kotoran telinga. Saat ini, OtoSet hanya tersedia untuk profesional kesehatan.

Sistem pembersih telinga OtoSet adalah perangkat FDA yang hanya ditujukan untuk digunakan oleh profesional perawatan kesehatan. Perangkat ini memiliki dua ruang di setiap sisi, ruang atas diisi dengan cairan yang mengalir ke telinga di mana ia mengalirkan kotoran telinga dan mengalir ke reservoir bawah.

Baca Juga: Syarat dan Cara Instal KTP Digital

Manfaat lainnya antara lain menjebak kotoran, debu, dan bakteri agar tidak masuk lebih dalam ke telinga. Serumen juga berperan penting dalam melindungi kulit liang telinga. Namun, berbagai manfaat tersebut bisa menjadi masalah jika terlalu banyak menumpuk di telinga.

Padahal, sumbatan serumen merupakan salah satu penyebab tersering gangguan pendengaran atau gangguan pendengaran. Penyumbat telinga terjadi ketika kotoran telinga berlebih menumpuk di telinga dan menutupi saluran telinga.

Beberapa orang biasanya menggunakan tisu telinga untuk membersihkan kotoran telinga yang menumpuk. Meski praktik ini tersebar luas, membersihkan telinga dengan kapas tidak disarankan. Alasannya adalah mengorek telinga sebenarnya bisa memperburuk masalah.

Baca Juga: Beberapa Efek Samping Mengkonsumsi Suplemen Protein

Seperti headphone, Sistem Pembersih Telinga OtoSet memiliki dua bantalan telinga di kanan dan kiri. Masing-masing bantalan telinga ini memiliki dua ruang transparan.

Bilik atas berisi cairan pembersih telinga. Ruang bawah adalah untuk cairan pembersih telinga yang digunakan dengan kotoran telinga. Alat ini dapat digunakan tanpa harus menghubungkannya dengan smartphone. Selain itu, sistem pembersih telinga OtoSet tidak menghasilkan suara bising yang mengganggu selama penggunaan.

Selama proses penyedotan, pengguna atau pasien hanya mendengar suara air mengalir dan sedikit dengungan. Tentunya alat ini menuai komentar warganet yang dapat dikatakan membuat mual bahkan ada yang tertarik untuk membeli.

“baru kelar makan liat ini auto mual” ujar warganet

“ada di shopee tidak ya?” ujar warganet

Editor: Nida Dzatinnuraini Hafizhah

Sumber: Instagram @faktanyagoogle

Artikel Terkait

Terkini

Peran Teknologi dalam Memerangi Perubahan Iklim

Senin, 3 April 2023 | 02:00 WIB

Syarat dan Cara Instal KTP Digital

Minggu, 12 Maret 2023 | 00:12 WIB

Pedulilindungi Beralih ke SATUSEHAT

Minggu, 5 Maret 2023 | 09:55 WIB

Whatsapp GB Diklaim Berisiko

Sabtu, 4 Maret 2023 | 20:26 WIB

Mengenang Didi Kempot Melalui Google Doodle

Minggu, 26 Februari 2023 | 20:50 WIB

Toilet Siram Tertua Ditemukan di China

Kamis, 23 Februari 2023 | 18:38 WIB

Terpopuler

X